Cara Mengatasi Kerja Netbook/Laptop yang Super Lemot

Lintasteknologi.com - Berikut akan kami ulas mengenai info tips trik bagaimana Penyebab dan Cara Mengatasi Kerja Netbook/Laptop yang Super LemotLaptop atau komputer jinjing merupakan salah satu gadget yang sangat penting saat ini bagi sebagian besar orang yang bekerja maupun pelajar. Sebab banyak kebutuhan yang harus dikerjakan menggunakan laptop atau PC. Oleh sebab itu laptop diharapkan selalu memiliki kinerja yang optimal saat difungsikan.

Bagaimanakah jadinya ketika Laptop yang anda miliki mengalamai masalah dalam kinerjanya, yaitu sangat lama respon yang diberikan ketika menggunakan netbook bahkan sering mengalami blank. Hal inilah yang bisa mengganggu pekerjaan kita. Lantas apa sebenarnya penyebab lola laptop tersbut? Nah, kali ini lintas teknologi akan saya ulas penyebab netbook lemot.

Penyebab Kinerja Netbook/Laptop Lemot

1. Terlalu Banyak Aplikasi
Aplikasi merupakan salah satu hal yang utama pada laptop. Karena kalau tidak ada aplikasi, tentu kita tidak bisa bekerja bukan? Namun berbeda lagi jika pada laptop Anda terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Apalagi jika aplikasi Anda tergolong berat untuk dijalankan. Misalnya saja, Anda menginstall aplikasi Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan lain sebagainya.
Namun hal tersebut tidak bersifat mutlak. Karena hal tersebut juga tergantung dari spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan laptop dual core, tentu jangan terlalu memaksakan aplikasi yang terinstall. Berbeda lagi jika Anda menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi core i7 yang bisa menjalakan aplikasi tanpa halangan yang berarti.
2. Virus
Virus merupakan salah satu masalah pada barang elektronik, terutama gadget. Virus ini adalah semacam pengganggu pada gadget yang menyebabkan beberapa masalah seperti lemot. Kebanyakan virus memang sangat merugikan untuk pengguna. Bahkan beberapa virus laptop dapat menghapus data penting Anda sekalipun. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memasang aplikasi anti virus ataupun menghindari gadget atau perangkat yang terhubung pada komputer Anda. Pastikan barang elektronik yang terhubung pada laptop Anda bersih dari virus.
3. Kondisi Hardware
Hardware yang sudah berumur, biasanya akan mengalami penurunan performa. Oleh karena itu, tidak heran jika laptop yang memiliki umur lebih dari 3 tahun akan menurun performanya. Beberapa hardware yang sangat rentan turun performanya adalah prosesor, Harddisk, Motherboard, dan lain sebagainya.
Itulah beberapa masalah-masalah atau penyebab laptop lemot. Sedangkan untuk mengatasi laptop lemot, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. 

Berikut ini Cara Mengatasi Kerja Netbook/Laptop yang Super Lemot

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
Aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan, sebaiknya di copot atau di uninstall. Karena aplikasi tersebut dapat mengurangi kinerja laptop Andam walaupun aplikasi situ tidak berjalan.
2. Install Anti Virus
Anti virus sangatlah penting untuk melindungi laptop Anda dari virus. Anda bisa menggunakan anti virus gratis ataupun berbayar yang bisa Anda beli di online. Namun perlu di ingat, pilih salah satu saja aplikasi anti virus yang terinstall pada laptop Anda. Karena jika lebih dari satu, terkadang akan mengalami crash.
3. Upgrade Laptop Anda
Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi laptop lemot adalah upgrade laptop Anda. Beberapa hardware yang bisa di upgrade adalah RAM, Motherboard, Harddisk, dan lain sebagainya. Biasanya setelah di upgrade, laptop Anda akan memiliki performa yang lebih cepat.
Sekian informasi yang bisa kami sampaikan seputar penyebab dan Cara Mengatasi Kerja Netbook/Laptop yang Super Lemot.